Registration    |     Login
 

Gerakan Yoga Yang bisa Dilakukan di Meja Kerja

gerakan yoga di meja kerja

Gerakan Yoga Yang bisa Dilakukan di Meja Kerja

Yoga di Meja Kerja – Bagi Anda yang tertarik dengan memulai gerakan yoga, inilah saatnya mulai mempraktekkan yoga di kegiatan sehari-hari. Mulai dari gerakan yoga yang simpel seperti sambil duduk ternyata ada, dan bisa dilakukan siapa saja.

 

Biasanya gerakan yoga sambil duduk diperuntukan ke orang usia lanjut, tetapi bisa juga untuk orang bertubuh gemuk (obesitas) atau yang mempunyai penyakit syaraf. Menariknya, gerakan yoga yang dianjurkan ini juga dapat dilakukan orang kantoran yang diuntungkan oleh adanya gerakan yoga yang simpel ini karena dapat berlatih yoga di meja kerja secara cepat dan praktis.

 

Tidaklah mengherankan bahwa duduk di meja sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan kita. Jika sibuk bekerja di kantor menjadi hambatan Anda untuk olahraga, cobalah lima pose yoga di meja kerja saat tengah-tengah bekerja untuk melakukan peregangan yang baik yang akan membuat Anda lebih rileks dan berenergi. Yuk kita mulai!

 

Berikut 5 gerakan yoga yang bisa kamu lakukan di meja kerja:

 

  1. Tree Pose

Gerakan yoga Tree Pose ini dapat dilakukan dengan berdiri tegak, lalu angkat kaki kanan dan lipat ke arah depan kaki kiri. Tahan selama 30 detik dan kemudian ganti dengan kaki satunya lagi. Gerakan yoga Tree Pose ini dapat memberikan keseimbangan pada tubuh.

 

  1. Gerakan Backbend sambil Duduk

Sambil duduk, luruskan punggung dan ambil napas dalam-dalam dengan lengan terbuka lebar. Saat Anda mengeluarkan napas, tarik badan menghadap ke arah belakang dan membungkuk sedikit dari punggung dan dada Anda. Tahan selama beberapa detik, lepaskan lengan ke samping, lalu ulangi beberapa kali.

 

  1. Forward Bend

Lakukan gerakan forward bend dengan membungkuk sambil duduk. Rentangkan tangan ke bawah dan kepala menghadap ke belakang kursi. Gerakan forward bend dapat mengurangi tekanan pada daerah kepala, leher dan pundak. Pose yoga di meja kerja ini juga mengendorkan sistem nervous dan mengurangi stres.

 

  1. Pose Duduk dan Berdiri dari Kursi

Ketika Anda duduk sepanjang hari, kaki dan lutut yang kurang dimanfaatkan akan loyo dan cenderung otot menjadi “malas” jika hendak akan digunakan untuk kegiatan setelah duduk berlama-lama. Untuk membantu otot kaki bangkit kembali, kita dapat mengandalkan melakukan gerakan yoga di meja dengan fokus ke punggung atas dan bahkan leher untuk mengangkat tubuh ke posisi berdiri. Pose dua bagian ini membantu membangkitkan otot-otot kaki.

 

Mulailah duduk dengan lutut ditekuk 90 derajat dan telapak kaki Anda memijak di tanah. Tekan ke bawah dari tumit Anda, cobalah untuk tidak menggerakkan kaki ke arah kursi Anda atau gunakan lengan Anda, dan coba untuk berdiri. Dari berdiri, perlahan-lahan duduk lurus kembali, tahan diri dari bersandar ke depan dan / atau dari menggeser pinggul ke satu sisi atau yang lain. Ulangi 5 hingga 10 kali.

 

  1. Desk Chaturanga

Dengan melakukan gerakan yoga “Chaturanga” di meja kantor, dapat memberikan energi dan melatih otot lengan yang juga membantu menguatkan badan sekaligus membuat pikiran dan badan menjadi lebih rileks. Gerakan push up ala yoga di meja kantor bisa Anda lakukan tanpa mengganggu teman kantor di cubicle sebelah.

 

Taruh kedua lengan tangan di meja dan sandarkan badan ke bawah secara diagonal dengan kaki lurus memijak pada tumit. Ambil posisi kaki yang mantap, lalu tarik napas saat Anda menekuk siku ke sudut 90 derajat, memeluk siku ke arah tulang rusuk. Lanjutkan dengan menghembuskan napas dan tekan dada Anda kembali ke posisi awal. Ulangi 8 hingga 12 kali.

 

Melakukan gerakan yoga atau senam yoga di meja kerja meski terlihat begitu sederhana namun dibaliknya terdapat banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, selain dapat  membuat bentuk tubuh menjadi lebih bagus tapi bisa juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dianjurkan untuk melakukan gerakan atau senam yoga ini setidaknya dua minggu sekali. Dengan sambil melakukan yoga di meja kerja, tentunya tidak ada lagi hambatan bagi Anda untuk tetap sehat walaupun seharian bekerja di kantor.

 

Baca juga:

Cara meningkatkan skill di era digital

SunFish Go ngobras bareng bersama KPHRI

 

Sumber:

doyouyoga.com

huffpost.com

verywellfit.com

https://www.youtube.com/watch?v=w3C08dhJ_SM