Registration    |     Login
 

Satu Ilmu Yang Jarang Orang Tahu Untuk Sukses Dalam Bisnis dan Kehidupan

Satu Ilmu Yang Jarang Orang Tahu Untuk Sukses Dalam Bisnis dan Kehidupan

Mungkin dibenak Anda kunci kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan adalah kerja keras, terus belajar, pantang menyerah, tekun, dan selalu berdoa. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut, tapi hal lain yang tidak kalah penting. Coba baca dahulu contoh cerita dibawah ini.

 

Pernahkah Anda pergi ke sebuah restoran, lalu gara-gara suatu kejadian kecil yang dilakukan oleh pelayan restoran tersebut Anda jadi merasa kesal dan berjani tidak akan pernah kembali ke sana lagi? Kami yakin, salah satu penyebabnya pasti karena bad service.

 

Pernakah Anda merasa berhutang budi pada salah satu teman Anda, lalu Anda tidak akan pernah bisa melupakannya? Jika kapan pun dia membutuhkan bantuan, Anda tanpa ragu langsung membantunya. Kami yakin itu pasti karena service.

 

Dari dua contoh kejadian di atas, kita dapat mengambil pelajaran.Kalau ada satu ilmu bisnis yang paling sering diremehkan oleh banyak pebisnis, itulah service atau pelayanan. Ilmu yang terkadang dianggap hal yang remeh-temeh namun sangat fatal jika tidak diperhatikan dengan baik oleh pebisnis maupun disuatu perusahaan. Namun di sisi lain, ilmu ini pula yang paling banyak membuat “pusing kepala” para pebisnis. Bahkan membuat banyak bisnis atau perusahaan sampai tutup.

 

Namun, kalau ada satu ilmu bisnis yang ketika mengerjakannya kita justru senang, mudah tersenyum, dapat pahala, dan dapat membuat customer senang bahkan sampai menangis terharu, itulah service.

 

Banyak bisnis terlalu fokus dalam hal produksi atau ke hal penjualan sales tapi tidak memperhatikan cara melayani customer dari awal pertemuan sampai ke after sales bahkan sampai customer tidak jadi belipun sales tetap berhubungan baik dengan calon customer tersebut.

 

Di jaman sekarang ini dimana semua informasi sangat mudah didapat dan semua orang dengan mudah “complain” di sosial media jika mereka kesal terhadap suatu pelayanan. Maka ujung-ujung dari suatu produk adalah service atau pelayanan itu sendiri.

 

Pelajaran yang dapat kita petik adalah jika ada salah satu ilmu yang walau tidak dipelajari namun dapat dilakukan dengan baik itulah service. Ilmu yang bahkan seorang pedagang gado-gado dipinggir jalanpun bisa melakukannya dengan baik.